Name
E-mail
Message

Minggu, 01 Juni 2008

Masakan Thailand (Menu "Gajah Putih" Yang Menggugah Hati)


Menu masakan Thailand tidak hanya mencuri hati masyarakat dalam rumpun Melayu. Masakan Thailand kini menyebar ke seluruh dunia. Tidak terkecuali di Indonesia, juga disukai karena rasa khas masakan dari negeri “Gajah Putih” ini ternyata tidak jauh berbeda dengan masakan Nusantara.


Salah satu restoran yang terkenal dengan masakan Thailand dan bahkan mendapatkan penghargaan sebagai restoran yang menyediakan Authentic Thai Food dari Department of Export Promotion Ministry of Commerce of Thailand tahun 1997 adalah Restoran Sukhothai, Authentic Thai Fine Dining Restaurant, berlokasi di lantai 6 Hotel Sheraton Media& Tower, Jl. Gunung Sahari Raya No.3 Jakarta.
Masakan Thailand sangat digemari masyarakat Indonesia karena penyajiannya tidak terikat waktu dan patron sebagai menu pembuka, menu utama atau pun menu penutup. Selain itu, rasa masakan Thailand sangat familiar di lidah orang Indonesia karena bahan-bahan dan bumbu masakan Thailand tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Sesuai nama restoran ‘Sukhothai’ yang dalam bahasa Indonesia berarti cantik. Restoran Sukhothai benar-benar istimewa. Dekorasinya terdiri atas aneka hiasan khas Thailand, seperti stupa, patung gajah dan sebagainya. Di sisi luar Sukhothai terdapat taman dan kolam kecil dengan tanaman-tanaman yang bernuansa Thailand.

Selain eksotisnya dekorasi Thailand anda akan disambut dengan dentingan lembut gamelan, musik khas Thailand. Di pintu masuk, dua resepsionis menyambut anda dengan salam dalam bahasa Thailand. Setelah duduk, dari balik kaca terlihat pemandangan eksotik kolam teratai yang sedang berbunga lebat. Sementara di kejauhan terlihat pemandangan kota Jakarta. Bila malam menjelang, suasana romantis dari lilin berbaur dengan gemerlapnya lampu gedung pencakar langit Jakarta.
Puluhan menu masakan Thailand disajikan setiap harinya. Sebagai pembuka anda bisa memesan salad mangga (yam mammuang) yaitu menu masakan yang terbuat dari bahan mangga mentah diracik dalam potongan kecil-kecil dan dibumbui dengan bawang putih, bawang merah, cabe rawit plus jeruk nipis. Bila ingin manis, tinggal dicocor kecap. Benar-benar segar.
Setelah itu, tersedia juga ayam bungkus pandan (goy Hor Bytoy). Ayam goreng ini enaknya disantap saat masih hangat. Ayam yang dimbumbui sauce tiram, bawang, wijen, garam dan gula pasir kemudian di steam setelah dibungkus dengan daun pandan. Sebelum dihidangkan terlebih dahulu digoreng. Akan makin sedap bila dimakan dengan sauce spesial yang mirip dengan sambal bangkok. Namun di Sukhothai, saucenya diracik sendiri oleh Thai Chef, Sidik. Sauce yang pedas ini terbuat dari cabe merah, bawang putih yang disangrai. Kemudian disiram dengan simple lemon plus cuka.
Daging udang yang empuk terasa lumer digigit setelah menyeruput sesendok kuah asam pedas. Kekuatan rasa dan aroma serai dan jahe dengan asam benar-benar menyegarkan. Membuat anda enggan untuk berhenti menyendok. Dan lagi.. dan lagi... hingga udang terkuras habis menyisakan jamur merang dan potongan-potongan bulat tipis jahe dengan serai. Bagi masyarakat Thailand, potongan bumbu tersebut pun dikuras habis hingga ludes.
Untuk mengganjal perut yang semakin keroncongan, cobalah nasi goreng nenas (khaopad sapparod). Nasi yang dibumbui kunyit, kari, gula, lada, kecap asin dan bawang merah ini kemudian digoreng bersama potongan nenas muda hingga berwarna kuning layaknya nasi kuning untuk tumpeng. Setelah matang dihidangkan dalam mangkok yang terbuat dari buah nenas yang telah diambil bagian isinya.
Untuk menu utama, cobalah ikan kerapu sauce tiga rasa (plakao samrord). Daging kerapu yang lembut dan tebal digoreng kering. Setelah dicocor sambal tiga rasa, manis, asem dan pedas renyahnya daging kerapu goreng benar-benar lumer di lidah. Tanpa terasa, tulang kerapu yang renyah pun terasa crispy..
Sebagai penutup, menu es merah delima (tam tib krob) sangat cocok. Rasakan sensasi es buah delima yang menyegarkan. Namun dalam setiap serutannya nikmati sensasi jagung dan bengkoang yang dipotong halus terbalut tepung terigu. Kress bunyi gemeletuk gigi yang penasaran ingin terus memecah balutan buah semangka dalam aroma serai yang menyegarkan..
Restoran Sukhothai berkapasitas tempat duduk sekitar 64 orang dengan lay out menyerupai lesehan, dan disediakan sandaran serta bantal sebagai tempat duduk. Restoran ini beroperasi untuk melayani hidangan makan malam pada hari Senin – Minggu, mulai jam 18:00 – 23.00 WIB, dan pada hari Senin – Jumat dibuka untuk melayani hidangan makan siang pada jam 11:30 – 15.00 WIB.
Restoran ini menyediakan aneka hidangan khas Thailand baik berupa a la carte maupun set menu. Selain itu juga ada promosi yang berbeda setiap bulan yang disebut sebagai ‘Chef Recommendation’ seperti Noodle Promotion, Steamboat Promotion, Prawn Promotion dan beragam promosi lainnya. Minuman tradisional khas Thailand juga dihidangkan seperti thai ice tea dengan teh yang khusus diimpor dari negara asalnya, serta thai coffee

Tidak ada komentar: