Name
E-mail
Message

Minggu, 22 Juni 2008

Kulit Lebih Sehat Berkat Tomat


Anda penggemar spaghetti Bolognese? Bisa jadi kulit anda bakalan tetap terjaga keremajaan dan kekencangannya.
Sekelompok ilmuwan asal Inggris menemukan bahwa dengan menambahkan lima sendok makan pasta tomat ke dalam menu diet harian milik 10 orang sukarelawan, ternyata dapat melindungi kulit mereka dari terpaan sinar ultraviolet yang berbahaya. Seperti yang kita ketahui, sinar ultraviolet dapat mengakibatkan kulit cepat keriput dan bahkan terserang penyakit kanker kulit.

Penelitian yang baru-baru ini dipresentasikan di British Society for Investigative Dermatology ini menduga manfaat tomat untuk kulit manusia tersebut berasal dari kandungan antioksidan lycopene yang dimiliki oleh buah yang sarat vitamin C ini. Antioksidan tersebut diyakini akan memiliki konsentrasi yang tinggi setelah buah tomat dimasak.

Penelitian sebelumnya yang terpisah juga menunjukkan bahwa antioksidan lycopene sangat memiliki kaitan erat dengan penurunan resiko kanker prostat.

Kini para peneliti dari berbagai universitas di Manchester dan Newcastle pun turut meneliti manfaat buah tomat bagi kulit manusia. Mereka memberikan sekitar 55 gram pasta tomat (yang mengandung buah tomat yang telah dimasak) dan 10 gram minyak zaitun setiap hari kepada 10 orang sukarelawan. Sementara 10 sukarelawan lainnya hanya diberikan minyak zaitun saja. Setelah tiga bulan, kulit dari para sukarelawan yang mengonsumsi tomat lebih kuat 33% terhadap terpaan sinar matahari serta memiliki jumlah procollagen yang lebih tinggi. Procollagen adalah molekul yang dapat mempertahankan kekenyalan kulit manusia.

Tidak ada komentar: